Share On

Tex Berjalan

Selamat Datang di Blog LOVE TORAJA "The Land Of Heavendly Kings"

Sosial Media

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Rabu, 13 April 2016

Masakan & Minuman Khas TORAJA

LOVE TORAJA

Makanan & Minuman Khas Toraja yang begitu Lezat dan menggoda lida

Pantollo’pamarrasan
Pantollo' pamarasan adalah masakan khas Toraja yang bumbu utamanya dari pamarrasan atau yang lebih dikenal Bubuk Kluwak Hitam / Rawon dan orang toraja menyebutnya Pangi. Orang Toraja pada umumnya membuat Panttolo pamarrasan yang dicampur dengan Daging Babi, Kerbau, Ikan dan akan lebih Lezat bila ditambahkan Lombok katokkon dan Pari.


Buah Pangi-Kluwak

Mari kita kenal Pantollo apa saja yang bisa kita nikmati kelezatannya di TORAJA.


Aneka Pantollo

*Pantollo' Duku Bai ( Daging Babi)
Pantollo’ Duku sama saja dengan pantollo lendong yang terbuat dari daging babi yang diolah dengan pamarasan (rawon) yang dicampur dengan sedimikian rupa menggunakan rempah-rempah khas Toraja termasuk Lombok Katokkon yang luar biasa pedasnya .

Pantollo Duku Bai / Daging Babi

*Pantollo Bale (Ikan)
Pantollo’ Bale masih sama saja dengan pantollo lendong dan duku yang membedakannya adalah bahannya. Pantollo' bale menggunakan ikan mas dan cara pengolahannya tetap sama dengan pantollo duku dan pantollo lendong.

Pantollo Bale / Ikan

*Pantollo Lendong (Belut)
Pantollo’ Lendong merupakan masakan khas Toraja yang terbuat dari belut yang diolah dengan pamarasan (rawon) yang dicampur dengan sedimikian rupa menggunakan rempah-rempah khas Toraja.Makanan ini biasanya disajikan dalam acara-acara adat masyarakat Toraja.

Pantollo Lendong

Pa'piong
Makanan ini adalah makan yang dimasak dengan mengunakan bambu biasa menggunakan sayur bulunangko (mayana) dan bisa juga menggunakan Burak ( pohon pisang ) yang masih muda. Pa'piong biasa kita jumpai dua macam di Toraja yaitu papiong Duku/Daging dan Pa'piong Bo'bo/Beras.

Aneka Pa'Piong

*Pa' Piong Bai "Babi"
Untuk Pa'piong (Babi) Makanan ini adalah makanan terbuat dari daging babi yang dicampur dengan sedikit rempah-rempah bersama dengan lombok katokkon(cabe asli Toraja). dan uniknya di masak dengan menggunakan bambu dan yang kemudian di panggang.

Pa'piong Duku Bai/Babi

*Pa'Piong Duku Manuk/Ayam
Manuk yang artinya ayam bertujuan memberi informasi bahwa Pa'piong Manuk ini memiliki bahan dasar dari daging ayam. Cara pengolahan atau pembuatannya hampir sama dengan pembuatan Pa'piong Bai yaitu dengan ditambahi dengan rempah rempah dan bumbu lalu bisa ditambahi dengan cabai lokal (lombok katokkon).

Pa'Piong Duku Manuk/Ayam

*Pa’ Piong Bo’bo “Nasi”
Jika dilihat dari bentuknya, piong beras ini serupa dengan piong ayam dan babi yang merupakan makanan khas Toraja. Perbedaan besarnya hanya terdapat pada bahan dasar dari piong ini sendiri yaitu menggunakan beras. Beras dicampur dengan bumbu - bumbu tradisional seperti daun bawang, batang serei, merica, bawang putih dan bawang merah. Setelah tercampur, beras tersebut dimasukkan kedalam bambu yang bagian dalamnya telah diisi oleh daun pisang muda. Setelah semua telah siap, bambu tersebut dibakar menggunakan kayu bakar. Lagi - lagi metode pembakarannya masih menggunakan metode tradisional, dimaksudkan agar beras dapat matang secara sempurna dan tercipta cita rasa yang lezat.
Kuliner Piong Beras ini dapat dengan mudah anda temui di kawasan daerah Toraja. Para wisatawan lokal maupun mancanegara menjadikan kuliner ini termasuk dalam kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung atau berlibur ke Toraja. Kenikmatan Piong Beras ini akan lebih terasa jika disantap bersama dengan Piong ayam atau babi atau daging kerbau.

Pa'Piong Bo'Bo/Nasi

Dangkot -Daging Kotte’ “Bebek”
Dangkot atau daging bebek adalah masakan khas Toraja. Tahukah Anda jika daging bebek atau dangkot ini sangat baik untuk kesehatan, seperti memperkuat kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, mencegah anemia, menjaga kerja otot, dan dapat menghilangkan gas dalam perut, sehingga cukup baik untuk di konsumsi oleh keluarga Anda. Daging bebek ini mengandung bahan yang baik untuk tubuh kita, seperti selenium, fosfor, asam amino, vitamin B12 dan sodium, begitupun juga dengan berbagai bahan bumbu yang terkandung dalam dangkot ini baik untuk kesehatan tubuh dan juga menambah selera makan Anda. Hmmm, rasa dangkot yang gurih, pedas dan enak banget ini akan mengundang selera makan Anda loh dan mungkin akan membuat Anda jadi ketagihan. Jika Anda ingin membuat masakan dangkot ini di rumah

Dangkot-Daging kotte'/Bebek

Pa'tong atau RW
Pa'tong atau RW sebenarnya makanan kas yang terbuat daging anjing yang diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah.makanan kusus ini terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. makanan ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu dan bisa di bilang harganya lumayan mahal untuk wilayah di luar toraja. meskipun ini makanan yang spesial bagi orang toraja nyatanya tidak semua orang toraja makan makanan ini entah karena berbagai macam alasan.

Pa'Tong/RW-Daging Anjing

Pokon
Kali ini kita kembali ke makanan yang sedikit lebih ringan yaitu pokon. Makanan ini adalah panganan toraja yang disuguhkan pada acara syukuran. Bahan utamanya adalah beras ketan biasanya ketan hitam yang di bungkus dengan daun bambu, dan kemudian di rebus sampai masak.

Pokon

Ballo (Tuak)
Toraja Orang menenggak minuman keras adalah pemandangan lumrah dan wajar ditemui di Tana Toraja. Tua muda, laki-laki dan perempuan, turut di dalamnya. Tempatnya, di mana saja, di pinggir jalan, di rumah, bahkan depan kantor polisi sekali pun bukan sebuah masalah. Di Tana Toraja, minuman tradisional tuak ini sudah menjadi jamuan standar terutama ditengah perhelatan besar. Ballo'menjadi salah satu sesajian yang harus ada dalam ritual adat Toraja. Iapun menjadi sarana pergaulan. Ballo', merupakan minuman hasil sadapan pohon enau, atau dalam bahasa Toraja disebut 'induk'. Dalam setiap pelaksanaan ritual adat atau pesta adat Toraja, ballo' selalu ada, baik sebagai kelengkapan upacara, maupun sebagai minuman buat para tamu. Masyarakat yang tinggal di pegunungan ini memiliki sudut pandang lain soal ballo'. Minum ballo', hanyalah untuk penghangat tubuh di saat hawa dingin menyerang.

Itulah beberapa makanan khas Toraja yang begitu Lezat, anda tinggal pilih saja mana yang akan dinikmati saat berkunjung ke TORAJA. Makanan khas TORAJA ini tidak akan sulit kita temukan di TORAJA karena banyak sekali warung makan yang menyajikan makanan tersebut.

Mari kita dukung parawisata di negeri tercinta kita ini INDONESIA khususnya makanan khas daera yang lezatnya tidak akan kala dengan masakan internasional.

Dukung pariwisata TORAJA dengan membagikan informasi ini dan mengikuti kami di sosial media: Google+, Facebook, Instagram, Twitter, Path Like Love Toraja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar